BERMAIN SAMBIL BELAJAR CENDERUNG TERJADI SAAT :
·
Anak – anak merasa bebas
mengekspresikan dirinya.
·
Anak – anak tumbuh di
lingkungan yang terbuka terhadap pengalaman dan pendapat baru.
·
Anak- anak didorong untuk
memanipulasi dan menilai ide- ide.
·
Anak – anak diizinkan
menjadi apa adanya.
·
Anak- anak di dorong untuk
mempertimbangkan lebih dari satu penyelesaian untuk tiap masalah.
·
Disiplin itu tegas,
tapi tidak bersifat menghukum.
·
Orang tua dapat menerima
keadaan yang sedikit berantakan.
·
Orang tua tidak mengesampingkan
prestasi anak - anaknya.
·
Orang tua mempunyai
keyakinan akan kemampuan anak - anaknya.
·
Orang tua terkadang harus
membiarkan anak – anak terus bermain jika mereka menikmatinya.
·
Orang tua memberikan
dukungan dan arahan tanpa ikut campur.
·
Orang tua menunjukan
kreativitas dan fleksibilitasnya.
·
Anak- anak diperkenalkan
pada dorongan.
·
Di dorong untuk
berimajinasi.
·
Si anak di biasakan bergaul
dengan anak – anak lain.
" Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau maha pendengar do'a. " [Q.S Ali Imran, 3.38 ]
No comments:
Post a Comment